Resep dan Cara Membuat Omelet Telur Sederhana

Resep Omelet Telur Sederhana - Omelet yang berarti telur dadar adalah menu sarapan yang berasal dari budaya negara-negara Eropa barat. Eksistensinya di negara kita menurut beberapa sumber dibawa oleh bangsa Belanda saat jaman penjajahan dahulu.

Menu sarapan yang satu ini memiliki bahan dasar berupa telur yang dimasak bersama dengan bahan-bahan isian dimana bahan isian dapat kita variasikan sesuai selera.
Resep Omelet Telur Sederhana, Cara Membuat Omelet Telur Sederhana
Resep dan Cara Membuat Omelet Telur : www.ihop.com
Cara membuat omelet telur sederhana ini cukup simpel dan tidak memerlukan bahan yang aneh-aneh, secara kasarnya omelet adalah telur dadar yang diberi capuran aneka bahan sehingga lebih variatif.

Bahan dan resep omelet telur sederhana juga sangat mudah didapat dan mudah untuk dibuat, kocokan telur dimasak dan diberi isian yang telah dimasak terlebih dahulu. Isian dimasak dengan cara ditumis menggunakan margarin agar tidak menyisakan tetesan minyak. Pemasakan isian juga bertujuan untuk memberi cita rasa pada isian dan membuatnya matang merata saat pemasakan telur nantinya.

Resep Omelet Telur Sederhana

Bahan-bahan membuat omelet telur sebetulnya bervariasi muali dari daging, udang, ikan dan sayuran. Resep omelet bersifat fleksibel dan bisa disesuaikan dengan selera dan ketersediaan bahan-bahan di dapur. Semakin beragam bahan isian maka omelet akan semakin lezat.

Kali ini, kita akan menggunakan isian berupa daging sapi yang dicampur dengan sayuran dan jamur kancing. Untuk itu, kita perlu menumis isian terlebih dahulu agar matang karena jika langsung disatukan dengan telur maka dagingnya bisa jadi tidak matang sempurna. Berikut ini bahan-bahan yang kita perlukan beserta cara pembuatannya.

Bahan Resep Omelet Telur Sederhana

  1. 4 btr telur ayam
  2. 50 ml susu cair
  3. 100 gr daging sapi, cincang
  4. 5 bh jamur kancing, belah 4
  5. 3 bh sosis, potong pendek
  6. 5 bh buncis, potong pendek
  7. 2 btg wortel, belah 4, potong pendek
  8. 1 bh bawang bombay, cincang
  9. 1 btg daun bawang, potong pendek
  10. 50 gr keju parut
  11. 1 sdt lada bubuk, dibagi 2 untuk daging dan telur
  12. 1/2 sdt kaldu ayam bubuk
  13. bawang goreng secukupnya
  14. garam secukupnya
  15. 2 sdm margarin untun menumis

Cara Membuat Omelet Telur Sederhana

  1. Taburi daging sapi cincang dengan 1/2 sdt lada bubuk, sedikit garam dan kaldu bubuk. Aduk merata dan biarkan beberapa saat biar meresap.
  2. Tumis bawang bombay menggunakan margarin hingga harum.
  3. Masukkan daging sapi cincang dan jamur kancing, tumis hingga daging berubah warna.
  4. Masukkan buncis, wortel dan sosis. Tumis hingga sayuran agak layu. Angkat dan sisihkan.
  5. Kocok lepas telur bersama dengan susu cair, daun bawang, garam, lada bubuk dan kaldu bubuk. Kocok hingga hampir berbuih.
  6. Siapkan pan anti lengket dan beri sedikit margarin. Tuang kocokan telur dan tunggu hingga bagian bawah telur sedikit menggumpal.
  7. Masukkan isian yang berupa tumisan daging beserta sayuran. Taburkan keju parut. Masak hingga bagian atas telur agak menggumpal.
  8. setelah itu gulungkan telur dan masak hingga matang dengan ditandai bagian bawahnya yang agak kecoklatan. Balikkan untuk mematangkan bagian atasnya. Angkat.
  9. Sajikan omelet bersamad dengan saus mayones, saus sambal dan parutan keju. Nikmati selagi hangat.
Ternyata, cara membuat omelet telur sederhana ini cukup gampang dan praktis kan. Resep omelet telur sederhana ini bebas untuk dikreasikan karena memang merupakan variasi dari telur dadar yang tidak terbatas pada bahan tertentu. Silahkan dicoba dengan bahan-bahan lainnya sesuai selera dan selamat mencoba...!

Yang ini perlu dicoba!

Resep dan Cara Membuat Udang Asam Manis Pedas Spesial
Resep dan Cara Membuat Rawon Daging Spesial Khas Jawa Timur
Resep dan Cara Membuat Sayur Asem Komplit Spesial
Bumbu Tongseng Kambing Praktis Beserta Cara Membuatnya
Resep Nasi Kebuli Kambing Praktis Menggunakan Rice Cooker
loading...
Resep dan Cara Membuat Omelet Telur Sederhana
4/ 5
Oleh