Resep dan Cara Membuat Tekwan Palembang Asli Sederhana

Resep Tekwan Palembang Asli - Tekwan adalah salah satu jajanan rakyat asal kota Palembang yang menggugah selera. Rasanya yang lezat membuat makanan ini digemari terutama kalangan anak muda, selain itu juga harganya sangat terjangkau. Makanan yang berbahan dasar ikan ini memang tidak sepopuler bakso yang bisa ditemui di mana-mana.

Namun eksistensinya tak luput dari buruan penggemar kuliner yang terbukti dari penjual tekwan yang tak pernah pulang dengan membawa sisa jualannya. Kalian ingin tahu cara membuat tekwan Palembang asli sederhana yang menggugah selera? Yuk simak!
Resep Tekwan Palembang Asli, Cara Membuat Tekwan Palembang Asli Sederhana
Cara Membuat Tekwan Palembang Asli
Resep tekwan Palembang asli yang bercitarasa dominan gurih dan sedikit asam ini sebetulnya mudah untuk dibuat, bahkan kita bisa membuatnya sendiri di rumah dengan peralatan seadanya. Cara membuat tekwan Palembang asli sederhana ini tidak begitu rumit, hanya dua langkah yang menjadi proses utama pembuatan tekwan. Langkah pertama adalah membuat tekwan atau bola-bola daging ikan dan langkah kedua adalah membuat kuahnya yang kaya cita rasa.

Pada resep aslinya, kuah tekwan menggunakan bengkoang dan kembang sedap malam yang dimasak bersama udang dan jamur kuping. Namun jika kesulitan mendapatkan bahan maka jamur kuping dan udang saja sudah cukup. Beberapa penjual tekwan juga terkadang tidak menggunakannya mungkin karena alasan keterbatasan bahan.

Resep Tekwan Palembang Asli Enak

Dalam proses pembuatan tekwan sebetulnya hampir sama dengan proses pembuatan baso ikan atau siomay. Intinya, daging ikan dihaluskan dan dicampur dengan tepung sagu yang berfungsi untuk mengikat daging ikan dan memberi tekstur kenyal.

Setelah itu barulah adonan direbus untuk mematangkannya. Tekwan disajikan bersama dengan kuah yang berbahan udang dan jamur kuping. Berikut bahan-bahan dan cara pembuatannya.

Bahan Resep Tekwan Palembang Asli

  1. 300 gr daging ikan tenggiri
  2. 100 gr tepung sagu
  3. 3 btr telur, ambil putihnya saja
  4. 1/2 sdt lada bubuk
  5. 1/2 sdt gula pasir
  6. garam secukupnya
  7. es batu yang sudah diremukkan secukupnya.

Bahan Kuah dan Pelengkap

  1. 50 gr jamur kuping
  2. 100 gr udang, kupas dan pisahkan kepalanya
  3. 1 sdt lada bubuk
  4. 4 siung bawang putih, geprek dan cincang halus
  5. 1/2 sdt gula pasir
  6. 1 sdt kaldu ayam bubuk
  7. 1 sdt cuka putih
  8. 1 btg serai, memarkan
  9. garam secukupnya
  10. air secukupnya

Pelengkap

  1. 100 gr bihun yang diseduh air panas, tiriskan
  2. 1 btg daun bawang, iris pendek
  3. 2 btg seledri, iris pendek
  4. bawang goreng secukupnya

Cara Membuat Tekwan Palembang Asli Sederhana

  1. Tumbuk daging ikan tenggiri hingga halus dan lembut, bisa juga diblender tapi jangan sampai terlalu halus.
  2. Tambahkan es batu yang sudah diremukkan kurang lebih 50 gram (sepertiga gelas), putih telur, garam, gula pasir dan lada bubuk. Aduk rata menggunakan tangan.
  3. Tambahkan tepung sagu sedikit demi sedikit, uleni menggunakan tangan hingga kalis. Jika adonan terlalu keras / kaku, tambahkan lagi es batu yang sudah dihancurkan secukupnya hingga mendapatkan tekstur yang pas sehingga bisa diambil dengan sendok.
  4. Didihkan air yang banyak dalam panci, ambil satu ujung sendok adonan daging ikan dan bentuklah bulatan-bulatan seperti bakso.
  5. Masukkan bulatan-bulatan daging ikan kedalam air mendidih. Jika sudah mengapung berarti tandanya sudah matang. Lakukan hingga adonan habis, angkat dan tiriskan.
  6. Sekarang giliran membuat kuah. Rebus kepala dan kulit udang dengan 4 gelas air (setengah panci kecil) hingga mendidih, saring dan sisihkan.
  7. Tumis bawang putih hingga harum, masukkan udang kupas dan masak hingga berubah warna.
  8. Masukkan jamur kuping dan serai, masak beberapa saat sampai jamur layu.
  9. Tuangkan kaldu udang yang sudah kita buat sebelumnya. Tambahkan lada bubuk, gula pasir, kaldu ayam bubuk, cuka dan garam secukupnya. Masak hingga matang.
  10. Sajikan tekwan bersama dengan bihun dan bahan kuahnya. Taburi dengan daun bawang, seledri dan bawang goreng.
  11. Nikmati selagi hangat.
Nah bagaimana, cara membuat tekwan Palembang asli sederhana ternyata cukup mudah kan? Resep tekwan Palembang asli memang sedikit agak ribet karena harus mempersiapkan dua langkah sekaligus. Namun ini bisa dibilang ringkas hanya saja perlu waktu yang agak luang agar bisa dikerjakan secara santai. Semoga bermanfaat ya!

Simak juga yang ini!

Resep dan Cara Membuat Risoles Isi Sayuran yang Lezat
Resep dan Cara Membuat Tahu Gejrot Pedas Gurih Khas Cirebon
Resep dan Cara Membuat Lemper Ayam Spesial
Resep dan Cara Membuat Cilok Bandung Plus Saus Kacang
Resep dan Cara Membuat Bakso Ikan Lengkap Dengan Kuahnya
loading...
Resep dan Cara Membuat Tekwan Palembang Asli Sederhana
4/ 5
Oleh