Resep dan Cara Membuat Sayur Asem Sederhana Spesial

Cara Membuat Sayur Asem Sederhana - Kalian suka sayur asem? Makanan yang satu ini memang identik dengan masyarakat Indonesaia karena terdapat di banyak wilayah walau memang memiliki resep dan rasa yang sedikit berbeda.

Walau begitu, sesuai namanya masakan yang satu ini memiliki cita rasa asam dan terkadang ada yang condong ke rasa manis dan ada yang dominan asam dan asin. Ingin tahu rahasia resep sayur asem sederhana yang menggugah selera? Mari kita simak!
Resep Sayur Asem Sederhana, Cara Membuat Sayur Asem Sederhana
Gambar : www.royco.co.id
Sebenarnya sayur asem memiliki banyak versi, seperti versi Betawi dan versi Sunda yang sedikit berbeda namun intinya tetap sama. Bagaimanapun, sayur asem tetap lezat walau berasal dari daerah yang berbeda dengan bahan-bahan yang bervariasi.

Resep sayur asem sederhana sebetulnya gampang dipraktekkan dan tentunya tidak ribet dalam proses pembuatannya. Cara membuat sayur asem terbilang sederhana dan dengan bahan-bahan yang bisa diperoleh dengan mudah dan murah.

Bagi kalian yang malas untuk menyiapkan bahan-bahan secara terpisah, biasanya banyak dijual bahan sayur asem yang sudah satu paket. Jadi kita tinggal menyiapkan bumbunya saja.

Resep Sayur Asem Sederhana Spesial

Secara umum, sayur asem ada dua versi yaitu versi reguler dan versi bening. Untuk versi bening, biasanya digunakan bahan-bahan yang tidak menimbulkan perubahan warna pada kuah. Gula yang digunakan adalah gula pasir, rasa asamnya dari asam jawa muda dan belimbing wuluh, bumbu tidak duhaluskan dan hanya diiris halus saja serta biasanya tidak menggunakan terasi.

Sementara untuk versi reguler, kita lebih bebas untuk menambahkan bahan-bahan sesuai selera. Berikut ini bahan-bahan yang kita butuhkan untuk membuat sayur asem komplit. Jika suka yang bening, tinggal sesuaikan saja seperti pada tips diatas.

Bahan Resep Sayur Asem Sederhana

  1. 1 bh labu siam, kupas, potong dadu
  2. 1 tongkol jagung, potong 4-6 bagian
  3. 100 gr nangka muda, potong kotak
  4. 4 bh kacang panjang, potong-potong
  5. 10 tangkai daun melinjo
  6. 10 bh biji melinjo
  7. 2 bh asam jawa muda, bisa diganti dengan 2 sdm air asam jawa
  8. 4 sdm kacang tanah
  9. 2 bh belimbing wuluh, potong-potong
  10. 2 sdm gula jawa
  11. 2 lbr daun salam
  12. 4 cm lengkuas, memarkan
  13. 2 sdt garam
  14. 6 gelas air, atau secukupnya sesuai kuah yang diinginkan

Bumbu Halus

  1. 3 btr kemiri sangrai
  2. 4 siung bawang merah
  3. 2 siung bawang putih
  4. 2 bh cabe merah keriting (jika suka pedas)

Cara Membuat Sayur Asem Sederhana Spesial

  1. Didihkan air, masukkan bumbu halus.
  2. Masukkan lengkuas, kacang tanah, melinjo, daun melinjo, jagung dan nangka.
  3. Beri garam dan gula jawa, cicipi rasanya. Jika kurang asin atau manis tambahkan lagi garam dan gula secukupnya. Masak sampai jagung dan nangka empuk.
  4. Terakhir masukkan asam jawa muda, labu siam, kacang panjang dan belimbing sayur atau belimbing wuluh. Masak sampai matang.
  5. Angkat dan sajikan selagi hangat.
Resep sayur asem sederhana sebenarnya tidak ada patokan yang pasti mengingat bahan-bahan yang bisa disesuaikan dengan selera. Cara membuat sayur asem sederhana juga cukup simpel, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar hasilnya bagus.

Bahan-bahan sebaiknya tidak dimasukkan bersamaan, bahan yang mudah matang dan lunak dimasukkan belakangan agar semua bahan matang merata dan teksturnya pas. Jika dimasukkan bersamaan, maka bahan-bahan seperti labu, kacang tanah dan belimbing wuluh bisa hancur sebelum jagung dan nangka matang. Selamat mencoba yaa!

Simak juga yang ini!

Resep dan Cara Membuat Udang Asam Manis Pedas Spesial
Resep dan Cara Membuat Omelet Telur Spesial
Resep dan Cara Membuat Rawon Daging Spesial Khas Jawa Timur
Bumbu Tongseng Kambing Praktis Beserta Cara Membuatnya
Resep Nasi Kebuli Kambing Praktis Menggunakan Rice Cooker
loading...
Resep dan Cara Membuat Sayur Asem Sederhana Spesial
4/ 5
Oleh