Resep dan Cara Membuat Nasi Kebuli Kambing Khas Arab dengan Rice Cooker

Resep Nasi Kebuli Kambing Khas Arab - Nasi kebuli merupakan kuliner nusantara yang berasal dari kebudayaan timur tengah atau negara-negara arab. Cita rasa nasi kebuli memang sangat menggugah selera karena menggunakan rempah-rempah serta penggunaan daging sebagai bahan dasarnya.

Daging yang biasa digunakan adalah daging kambing namun terkadang juga menggunakan daging ayam atau daging sapi. Ingin tahu cara membuat nasi kebuli kambing yang praktis, yuk simak!
Resep Nasi Kebuli Kambing Khas Arab, Cara Membuat Nasi Kebuli Kambing
gambar : foody.id
Dulu membuat nasi kebuli terbatas pada acara-acara tertentu saja karena hidangan ini masih dianggap hidangan spesial untuk acara-acara tertentu. Namun sekarang, seiring perkembangan jaman tentunya semakin mudah dan praktis.

Cara membuat nasi kebuli kambing dengan rice cooker banyak dijadikan pilihan karena selain praktis juga lebih cepat. Dengan begitu, penikmat nasi kebuli bisa lebih sering mnikmatinya tidak hanya sebatas acara terntentu saja.

Di negara kita, nasi kebuli kambing memang belum dikenal secara luas dan biasanya terbatas pada restoran-restoran yang menyediakan menu masakan timur tengah. Walau begitu, ternyata resep nasi kebuli kambing khas Arab sebenarnya tidak terlalu kompleks. Bumbu yang digunakan terdiri dari rempah-rempah serta penggunaan susu sebagai penambah cita rasa.

Pada dasarnya, nasi kebuli adalah nasi yang dimasak bersama daging atau kaldu daging sehingga nasinya sendiri memiliki cita rasa yang lezat. Proses pemasakannya sendiri bisa dibilang fleksibel, untuk lebih memudahkan kita bisa menggunakan rice cooker atau magic com untuk memasaknya. Prosesnya sederhana dan praktis, bisa ditinggal atau sembari melakukan aktifitas yang lainnya.

Resep Nasi Kebuli Kambing Khas Arab dengan Rice Cooker

Seperti yang disebutkan sebelumnya, proses pemasakan nasi kebuli adalah beras yang dimasak bersama dengan daging atau kaldu daging. Jadi disini kita akan membuat kaldunya terlebih dahulu dengan cara menumis daging dan memasaknya sebentar.

Perlu diketahui, agar daging kambing tidak bau maka sebaiknya kita tidak mencucinya kecuali jika dagingnya sedikit kotor. Setelah itu, barulah kita memasak nasi bersama dengan kaldu daging kambing yang telah dimasak tersebut. Berikut ini bahan yang kita persiapkan untuk memasak nasi kebuli kambing.

Bahan Resep Nasi Kebuli Kambing Khas Arab

  1. 500 gr beras putih, bersihkan dan tiriskan
  2. 300 gr daging kambing, potong kotak
  3. 350 ml susu cair (+/-2 gelas)
  4. 4 sdm minyak samin, bisa diganti dengan minyak goreng biasa
  5. minyak untuk menggoreng secukupnya
  6. air secukupnya untuk tambahan

Bumbu-Bumbu

  1. 1 btr bawang bombay, iris dadu
  2. 2 btg serai, memarkan
  3. 2 btng kayu manis
  4. 3 btr kembang pekak
  5. 3 btr kapulaga
  6. 5 btr cengkeh
  7. 2 lbr daun salam
  8. 3 sdm kari bubuk
  9. garam secukupnya

Bumbu Halus

  1. 5 siung bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 3 cm jahe
  4. 2 sdt ketumbar
  5. 1 sdt lada
  6. 1 sdt jintan
  7. 1/4 butir biji pala
  8. 1 bh kulit pala

Bahan Pelengkap Sajian

  1. Bawang goreng
  2. Emping goreng
  3. Irisan tomat
  4. Irisan mentimun

Cara Membuat Nasi Kebuli Kambing Dengan Rice Cooker

  1. Tumis kayu manis, kembang pekak/kembang lawang, kapulaga dan cengkeh hingga harum menggunakan minyak samin atau bisa juga menggunakan minyak goreng.
  2. Masukkan bawang bombay, serai, daun salam dan bumbu halus. Tumis hingga bawang bombay layu dan bumbu berbau harum..
  3. Masukkan daging kambing, tumis hingga berubah warna.
  4. Masukkan susu cair, kari bubuk dan garam secukupnya. Masak beberapa saat hingga daging kambing matang. Angkat, pisahkan daging kambing dari kaldunya.
  5. Siapkan rice cooker, masukkan seluruh kuah kaldu daging kambing kedalam rice cooker bersama dengan beras. Tambahkan air secukupnya, jangan terlalu banyak agar tekstur nasi nantinya tidak lembek.
  6. Nyalakan rice cooker dan masak nasi kebuli sampai matang.
  7. Sementara menunggu nasi, goreng daging kambing hingga matang.
  8. Sajikan nasi kebuli bersama dengan daging kambing dan bahan pelengkap sajian.
Praktis kan? Cara membuat nasi kebuli kambing kini semakin mudah. Jika kita sudah terbiasa memasak menggunakan rempah, resep nasi kebuli kambing khas Arab ini bisa dibilang simpel. Kebanyakan orang merasa ribet karena harus menggunakan rempah-rempah padahal hanya menambah satu proses saja.

Agar cita rasa dan aroma yang dihasilkan bisa klop maka rempah harus ditumis terlebih dahulu untuk mendapatkan aroma yang harum. Jika tidak, salah-salah nanti masakan bisa berbau seperti bau jamu. Nah, selamat mencoba ya!

Baca Juga yaa...!

Resep dan Cara Membuat Udang Asam Manis Pedas Spesial
Resep dan Cara Membuat Omelet Telur Spesial
Resep dan Cara Membuat Rawon Daging Spesial Khas Jawa Timur
Resep dan Cara Membuat Sayur Asem Komplit Spesial
Bumbu Tongseng Kambing Praktis Beserta Cara Membuatnya
loading...
Resep dan Cara Membuat Nasi Kebuli Kambing Khas Arab dengan Rice Cooker
4/ 5
Oleh