Resep dan Cara Membuat Lemper Ayam Spesial

Cara Membuat Lemper Ayam - Lemper adalah penganan yang berbahan dasar beras ketan dan biasanya diberi isian berupa daging atau abon. Resep lemper ayam spesial ini sama saja dengan resep lemper pada umumnya hanya saja memiliki perbedaan yang terletak pada bahan isian yang digunakan.

Bahan dasar berupa beras ketan dimasak dengan santan kemudian diberi isian dan dibungkus dengan daun pisang sehingga bentuknya meyerupai lontong namun lebih pendek.
Resep Lemper Ayam Spesial, Cara Membuat Lemper Ayam
Resep Lemper Ayam Spesial : wikipedia.org
Resep lemper ayam spesial ini tidak memerlukan banyak bahan dan bahan-bahannya pun bisa diperolah dengan mudah dan murah. Hanya saja, cara membuat lemper ayam maupun lemper lainnya sedikit lebih rumit dari kelihatannya karena terdiri dari beberapa langkah dan proses.

Secara garis besar, langkah-langkahnya yaitu merebus ayam untuk mematangkannya dan mendapatkan air kaldu, membuat isian dari daging ayam, mengukus beras ketan, mendidihkan santan untuk mengaroni beras ketan, baru kemudian beras ketan diaroni, memasak beras ketan, memberi isian dan membungkusnya.

Resep dan cara membuat lemper ini sebetulnya ada beberapa versi, ada yang memberi isian pada saat beras ketan diaroni kemudian dibungkus dan ketan dikukus bersama dengan isian. Ada juga yang mematangkan beras ketannya terlebih dahulu kemudian setelah matang baru dikasih isian.

Cara kedua memang lebih cepat karena prosesnya bisa dikerjakan pada saat yang sama secara terpisah. Sementara proses pembakaran bersifat opsional dan lemper yang dibakar memiliki cita rasa yang lebih mantap.

Resep Lemper Ayam Spesial

Biar lebih cepat, kita akan menggunakan cara yang kedua sehingga kita bisa memproses bahan-bahannya secara terpisah. Sementara menunggu proses pematangan beras ketan, kita bisa membuat isiannya dan setelah keduanya matang barulah kita menyatukannya. Berikut ini bahan-bahan yang kita perlukan beserta cara membuatnya.

Bahan Resep Lemper Ayam Spesial

Bahan Ketan

  1. 250 gr beras ketan putih
  2. 200 ml santan kental
  3. 200 ml kaldu ayam cair dari rebusan daging ayam
  4. 1 btg serai, memarkan
  5. 2 lbr daun salam
  6. garam secukupnya

Bahan Isian

  1. 250 gr daging ayam
  2. 100 ml santan
  3. 2 lbr daun salam
  4. 1 sdt asam jawa
  5. 1 bth serai, memarkan
  6. garam dan gula pasir secukupnya
  7. minyak untuk menumis

Bumbu Halus

  1. 6 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 3 btr kemiri
  4. 3 bh cabe merah keriting
  5. 2 sdt ketumbar
  6. 1/2 sdt lada bubuk

Cara Membuat Lemper Ayam

  1. Rendam beras ketan terlebih dahulu selama kurang lebih dua jam, sesudah itu tiriskan.
  2. Sementara menunggu kita bisa membuat isian. Rebus daging ayam hingga matang dan sisakan air kaldu sisa rebusan sebanyak 200-300 ml untuk nanti memasak beras. Sisihkan air kaldunya, ayam yang sudah direbus kemudian disuwir-suwir halus. Tidak sampai halus juga ga apa-apa.
  3. Tumis bumbu halus bersama dengan serai dan daun salam hingga harum.
  4. Masukkan daging ayam yang sudah disuwir, masak beberapa saat agar bumbu meresap.
  5. Tuangkan santan, masukkan asam jawa. Beri garam dan gula pasir secukupnya. Masak hingga santan menyusut. Angkat dan sisihkan.
  6. Saatnya kita memperoses beras ketan. Jika sudah direndam selama dua jam dan ditiriskan, kukus beras ketan selama kurang lebih 10-15 menit.
  7. Sementara menunggu ketan yang sedang dikukus, didihkan santan bersama dengan serai, daun salam dan kaldu ayam cair sisa rebusan daging ayam yang tadi kita buat.
  8. Setelah kurang lebih 15 menit, angkat beras ketan dari kukusan. Aroni beras ketan dengan cara memasukannya kedalam santan dan kaldu yang sudah kita didihkan tadi. Aduk rata dan biarkan hingga santan meresap kedalam beras ketan dan beras ketan menjadi empuk.
  9. Kukus beras ketan hingga matang.
  10. Setelah ketan matang, ambil 1 sendok nasi ketan dan pipihkan memanjang. Beri isian secukupnya, tutup lagi dengan 1 sendok ketan.
  11. Gulungkan menggunakan daun pisang yang telah diolesi sedikit minyak goreng sehingga membentuk silinder seperti lontong. Semat ujung kiri kanannya.
  12. Sampai disini lemper ayam sudah jadi. Biar lebih wangi, bakar lemper diatas bara api sehingga cita rasanya lebih kuat.
  13. Lemper ayam siap disajikan.
Resep lemper ayam spesial ini sebenarnya terbilang sederhana namun cara membuatnya agak sedikit rumit. Cara membuat lemper ayam memang memerlukan sedikit keahlian namun jika kita sering berolah di dapur maka kita akan merasa terbiasa.

Jika sudah mahir, sementara menunggu proses memasak yang satu kita bisa melakukan proses memasak yang lainnya. Jadi tidak ada waktu yang terbuang dan proses pembuatan lemper bisa lebih singkat, menghemat waktu dan tenaga. Selamat memasak...!

Mungkin yang ini juga perlu dicoba!

Resep dan Cara Membuat Risoles Isi Sayuran yang Lezat
Resep dan Cara Membuat Tahu Gejrot Pedas Gurih Khas Cirebon
Resep dan Cara Membuat Cilok Bandung Plus Saus Kacang
Resep dan Cara Membuat Bakso Ikan Lengkap Dengan Kuahnya
Resep dan Cara Membuat Tekwan Spesial Khas Palembang
loading...
Resep dan Cara Membuat Lemper Ayam Spesial
4/ 5
Oleh