Resep dan Cara Membuat Abon Ikan Tongkol Garing dan Gurih

Cara Membuat Abon Ikan Tongkol - Abon merupakan salah satu penganan olahan daging atau ikan yang lezat serta tahan lama. Resep abon ikan tongkol ini juga mampu membuat daging ikan lebih tahan lama bahkan jika disimpan dalam suhu ruangan sekalipun.

Dengan demikian, kita bisa membuatnya dalam jumlah yang cukup banyak sehingga bisa dinikmati sewaktu-waktu. Abon yang lezat dapat dijadikan pelengkap makan nasi atau sekedar cemilan yang sehat dan bergizi.
Resep Abon Ikan Tongkol, Cara Membuat Abon Ikan Tongkol
Resep Abon Ikan Tongkol : tabloidnova.com
Resep abon ikan tongkol ini sebenarnya tidak terbatas pada bahan daging ikan tongkol saja, kita bisa menggunakan ikan cakalang, ikan patin dan ikan lainnya yang memiliki daging tebal. Cara membuat abon ikan tongkol ataupun ikan cakalang dan ikan patin tidak berbeda, bumbu-bumbu yang digunakan juga masih sama. Jadi kita bisa mengaplikasikannya pada daging ikan lainnya yang tersedia.

Pada dasarnya, proses pembuatan abon adalah memasak bahan daging dengan berbagai bumbu hingga kering dan tahan lama. Untuk membuatnya tetap garing, kita bisa menggunakan bahan asam yang berasal dari asam jawa atau bisa juga menggunakan cuka seperti pada pembuatan sambal goreng kering tempe. Tanpa asam, abon tidak akan bertahan lama dan lebih cepat melempem (lembab).

Resep Abon Ikan Tongkol Spesial Garing dan Gurih

Berikut ini adalah bahan-bahan yang kita perlukan untuk membuat abon ikan. Gunakan daging ikan yang masih segar untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Selain daging ikan tongkol, kita juga bisa menggunakan daging ikan tuna, cakalang bahkan daging ikan patin dan ikan lele. Proses pembuatannya sama, mari kita simak dibawah ini.

Bahan-Bahan Resep Abon Ikan Tongkol

  1. 500 gr ikan tongkol
  2. 100 ml santan kental
  3. 100 gr gula jawa, sisir halus
  4. 1 btg serai, memarkan
  5. 3 cm lengkuas, memarkan
  6. 2 cm jahe, memarkan
  7. 2 lbr daun salam
  8. 1/2 sdt kaldu ayam bubuk
  9. 1/2 sdt lada bubuk
  10. 1 sdm air asam jawa
  11. 6 sdm bawang goreng
  12. garam secukupnya
  13. 2 sdm margarin untuk menumis

Bumbu Halus

  1. 6 siung bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 4 bh cabe merah
  4. 4 btr kemiri, sangrai
  5. 2 sdt ketumbar, sangrai

Cara Membuat Abon Ikan Tongkol

  1. Kukus daging ikan tongkol hingga matang, buang duri-durinya kemudian disuwir-suwir. Tidak usah sampai halus karena nantinya juga akan hancur sendiri saat dimasak.
  2. Panaskan margarin, tumis bumbu halus, serai, lengkuas, jahe dan daun salam hingga harum.
  3. Tuangkan santan, gula jawa, garam, kaldu bubuk, lada bubuk dan air asam jawa. Masak hingga mendidih dan gula larut seluruhnya.
  4. Masukkan ikan tongkol, masak sambil diaduk-aduk hingga santan menyusut dan mengering.
  5. Setelah matang dan kering, angkat abon kemudian dinginkan.
  6. Setelah kering, taburkan bawang goreng dan aduk biar tercampur merata.
  7. Abon ikan tongkol siap dinikmati maupun dikemas.
Mudah kan? Resep abon ikan tongkol ini bisa menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan. Terlebih lagi cara membuat abon ikan tongkol cukup mudah dengan biaya produksi yang terjangkau serta bahan baku yang bisa diperoleh dengan mudah dan murah. Tertarik untuk bereksperimen? Silahkan dicoba...!
loading...
Resep dan Cara Membuat Abon Ikan Tongkol Garing dan Gurih
4/ 5
Oleh