Resep dan Cara Membuat Rempeyek Kacang Tanah yang Renyah

Resep Rempeyek Kacang Tanah Renyah - Rempeyek merupakan makanan ringan sejuta umat yang digemari oleh berbagai kalangan. Makanan ini cukup populer di negara kita mengingat cara pembuatannya yang mudah serta harganya yang sangat terjangkau.

Rempeyek banyak dijajakkan di warung-warung hingga supermarket dengan rasa yang bervariasi seperti kacang tanah, udang / rebon, kacang kedelai, kacang hijau dan lain sebagainya.
Cara Membuat Rempeyek Kacang Tanah yang Renyah, Resep Kacang Tanah Renyah
Cara Membuat Rempeyek Kacang Tanah
Kali ini kita akan mencoba bereksperimen membuat rempeyek kacang tanah yang renyah. Cara membuat rempeyek kacang tanah yang renyah sebetulnya cukup mudah namun tentunya memerlukan ketelatenan dan kesabaran agar didapat hasil yang optimal. Proses paling lama adalah saat menggoreng, terlebih jika penggorengan yang kita gunakan memiliki ukuran kecil maka prosesnya bisa lebih lama.

Untuk mempercepat proses menggoreng, sebaiknya gunakan penggorengan yang cukup besar dengan minyak yang banyak. Untuk produksi dengan skala yang lebih besar, akan lebih cepat jika kita menggunakan dua buah penggorengan, yang satu untuk membentuk rempeyek dan satu lagi untuk mematangkan. Namun untuk skala rumahan, satu penggorengan ukuran sedang juga sudah memenuhi apalagi untuk konsumsi sendiri.

Resep Rempeyek Kacang Tanah Renyah Spesial

Rempeyek kacang terbuat dari bahan dasar tepung beras yang dipadukan dengan tepung tapioka. Penggunaan tepung tapioka disini dimaksudkan agar hasil rempeyek lebih empuk, sebeb jika hanya menggunakan tepung beras saja hasilknya menjadi keras dan getas.

Selain itu, untuk lebih merenyahkan serta menambah cita rasa gurih, kita tambahkan santan kental pada adonan beserta satu butir telur ayam. Berikut bahan-bahan yang kita sediakan secara lengkap.

Bahan Resep Rempeyek Kacang Tanah Renyah

  1. 300 gr tepung beras
  2. 100 gr tepung tapioka
  3. 200 ml santan kental
  4. 1 btr telur ayam
  5. 100 gr kacang tanah
  6. 10 lbr daun jeruk purut, iris halus
  7. garam secukupnya
  8. tambahan air secukupnya

Bumbu Halus

  1. 6 btr kemiri
  2. 4 siung bawang putih
  3. 4 siung bawang merah
  4. 1 sdt ketumbar
  5. 2 cm kencur

Cara Membuat Rempeyek Kacang Tanah yang Renyah

  1. Tumbuk kasar kacang tanah, jangan sampai halus asal terbelah menjadi 2 atau 4 bagian.
  2. Campur tepung beras, tepung tapioka, santan, telur ayam daun jeruk, bumbu halus dan tentunya kacang tanah yang telah ditumbuk. Beri garam secukupnya dan cicipi rasanya jangan sampai keasinan.
  3. Atur kekentalannya dengan cara menambahkan air secukupnya tapi jangan terlalu encer, nanti bisa diatur lagi setelah adonan digoreng dan dicek kekentalannya.
  4. Panaskan minyak yang banyak, ambil satu sendok sayur adonan dan tuangkan melebar di pinggiran wajan. Sirami dengan minyak hingga rempeyek terlepas dari wajan dan goreng hingga matang. Angkat dan cicipi, jika hasil rempeyek terlalu tebal dan keras berarti adonan terlalu kental. Tambahkan lagi air secukupnya hingga didapat kekentalan yang pas.
  5. Goreng rempeyek dengan cara seperti diatas hingga adonan habis.
  6. Masukkan kedalam plastik atau toples setelah rempeyek dingin agar renyahnya awet.
Cara membuat rempeyek kacang tanah yang renyah sebenarnya sangat mudah, namun memang diperlukan beberapa kali eksperimen untuk mendapatkan hasil yang terbaik dan sesuai dengan selera. Makanan ringan yang satu ini juga cocok dijadikan sebagai usaha sampingan sehingga bisa menambah pemasukan kita. Bagi kalian yang tertarik mencoba resep rempeyek kacang tanah renyah ini, selamat berkarya di dapur ya!
loading...
Resep dan Cara Membuat Rempeyek Kacang Tanah yang Renyah
4/ 5
Oleh