Resep dan Cara Membuat Cilok Bandung Bumbu Kacang

Cara Membuat Cilok Bandung Bumbu Kacang - Jajanan yang satu ini adalah salah satu jajanan sejuta umat dimana penggemarnya mencakup berbagai kalangan. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun gemar menikmati cilok karena memang rasanya yang enak dan harganya yang sangat terjangkau.

Cita rasanya yang gurih berpadu dengan saus kacang yang pedas juga gurih membuat cilok selalu laris dan menjadi jajanan favorit.
Resep Cilok Bandung Bumbu Kacang, Cara Membuat Cilok Bandung Bumbu Kacang
gambar : cilokwarisanindung.wordpress.com
Resep cilok Bandung bumbu kacang sebenarnya cukup mudah namun memang ada rahasianya supaya bisa enak dan empuk. Cara membuat cilok Bandung bumbu kacang mudah untuk dipraktekkan, namun memang memerlukan eksperimen untuk mendapatkan cita rasa yang pas sesuai selera. Untuk itu, perbanyak bereksperimen di dapur sehingga bisa lebih mahir.

Cilok dibuat dengan cara menyiramkan air panas pada tepung kanji atau sagu sehingga mampu mengikat tepung terigu. Untuk mendapatkan tekstur yang pas, tepung sagu disiram dengan air panas terlebih dahulu baru kemudian tepung terigu dicampurkan setelah agak dingin. Ini bertujuan agar tepung terigu tidak matang duluan dan mencegah tekstur cilok agar tidak terlalu kenyal seperti cireng.

Resep Cilok Bandung Bumbu Kacang Lengkap

Cilok Bandung terasa kurang mantap tanpa dinikmati dengan saus kacangnya. Cilok dan saus kacang memberikan paduan rasa yang saling melengkapi. Berikut ini kita akan mencoba membuat cilok Bandung beserta saus kacangnya sehingga komplit dan rasanya lebih mantap. Berikut bahan-bahan yang kita perlukan beserta cara-cara pembuatannya.

Bahan Resep Cilok Bandung Bumbu Kacang

  1. 250 gr tepung sagu
  2. 250 gr tepung terigu
  3. 2 btg daun bawang, iris halus
  4. 4 siung bawang putih, haluskan
  5. 1 sdt lada bubuk
  6. 1 sdt kaldu ayam bubuk
  7. garam secukupnya
  8. air panas secukupnya

Bahan Bumbu Kacang

  1. 100 gr kacang tanah goreng, haluskan
  2. 1 sdm gula jawa
  3. 1 sdt garam
  4. air secukupnya

Bumbu Halus Saus Kacang

  1. 6 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 6 bh cabe rawit

Cara Membuat Cilok Bandung Bumbu Kacang

  1. Campurkan tepung sagu, daun bawang, lada bubuk, kaldu ayam dan bawang putih halus.
  2. Siram dengan air panas hingga menggumpal dan membentuk adonan yang berwarna bening dan lengket seperti lem sambil terus diaduk. Tekstur adonan nantinya menjadi lembek namun tidak encer.
  3. Diamkan adonan beberapa saat biar tidak terlalu panas. Setelah agak dingin, masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Jika sudah tercampur semua, uleni menggunakan tangan kuat-kuat hingga kalis. Perhatikan tekstur adonan, jika terlalu keras tambahkan sedikit air panas dan uleni lagi sampai didapat tekstur yang pas.
  4. Bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan sebesar bakso, lakukan hingga adonan habis.
  5. Didihkan air dan rebus cilok. Jika cilok sudah mengapung, itu tandanya sudah matang. Angkat dan tiriskan.
  6. Membuat saus : tumis bumbu halus untuk saus kacang hingga harum. Masukkan kacang tanah goreng yang telah dihaluskan dan tumis beberapa saat. Tuangkan air secukupnya, masak saus hingga air menyusut dan saus mengental. Angkat.
  7. Sajikan cilok Bandung bersama dengan sausnya.
Mmmm mantaap. Cara membuat cilok Bandung bumbu kacang ternyata cukup mudah kan, rahasia utamanya terletak pada proses pembuatan adonan. Penambahan irisan daun bawang bertujuan untuk menambah cita rasa serta aroma cilok sehingga lebih menggugah selera.

Resep cilok Bandung bumbu kacang ini bisa kita variasikan seperti menambahkan isian sesuai selera agar lebih enak dan mantap. Bagaimana, tertarik untuk bereksperimen?

Yang ini juga perlu dicoba!

Resep dan Cara Membuat Risoles Isi Sayuran yang Lezat
Resep dan Cara Membuat Tahu Gejrot Pedas Gurih Khas Cirebon
Resep dan Cara Membuat Lemper Ayam Spesial
Resep dan Cara Membuat Bakso Ikan Lengkap Dengan Kuahnya
Resep dan Cara Membuat Tekwan Spesial Khas Palembang
loading...
Resep dan Cara Membuat Cilok Bandung Bumbu Kacang
4/ 5
Oleh