Resep dan Cara Membuat Tahu Gejrot Khas Cirebon Pedas Gurih

Resep Tahu Gejrot Khas Cirebon - Tahu gejrot adalah jajanan khas Cirebon yang memiliki cita rasa kuat antara asam, manis dan pedas. Bahan dan resep tahu gejrot yang simpel dan rasanya yang menyegarkan membuatnya banyak disukai mulai dari kalangan anak muda hingga orang tua.

Tahu gejrot cocok dinikmati dalam segala suasana sehingga dapat menjadi teman bersantai saat bersama dengan kelaurga atau teman-teman. Tahukah kalian, ternyata cara membuat tahu gejrot khas Cirebon ini cukup mudah lho, simak terus ya!
Resep Tahu Gejrot Khas Cirebon, Cara Membuat Tahu Gejrot Khas Cirebon
Resep Tahu Gejrot Khas Cirebon
Resep tahu gejrot tidak memerlukan banyak bahan, cukup dengan bumbu seadanya dan proses pengolahan yang simpel. Cara membuat tahu gejrot sangatlah mudah, kita hanya perlu memasak kuahnya saja selebihnya cukup dengan diulek saja. Sangat praktis dan kuahnya bisa bertahan lama apalagi jika dimasukkan kedalam lemari es sehingga bisa dipakai kapan saja.

Bahan utama tahu gejrot hampir sama dengan kuah cuko yang biasa dipakai untuk pempek Palembang. Hanya saja terdapat sdikit perbedaan dalam hal bahan, sementara untuk pembuatannya masih sama dan hasil akhir yang didapatkan cenderung sama yaitu cita rasa asam, manis dan gurih.

Resep Tahu Gejrot Khas Cirebon Spesial

Untuk membuat tahu gejrot tentunya yang kita perlu persiapkan adalah tahu. Agar lebih nikmat, tahu yang digunakan adalah tahu Sumedang atau tahu kopong karena rasanya lebih gurih. Selain itu, dengan menggunakan tahu kopong maka kuah tahu gejrot dapat meresap ledalamnya sehingga rasanya lebih yahud. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu kita persiapkan beserta cara pembuatannya.

Bahan Resep Tahu Gejrot Khas Cirebon

  • 100 gr tahu sumedang / tahu kopong

Bahan Kuah

  1. 50 gram gula jawa
  2. 1 sdm asam jawa
  3. 2 sdm kecap manis
  4. 300 ml air
  5. garam secukupnya

Bahan Bumbu Halus

  1. 3 sing bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 2 bh cabe merah

Bahan Bumbu Kasar

  1. 6 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 5 bh cabe rawit

Cara Membuat Tahu Gejrot Khas Cirebon

  1. Langkah pertama buatlah kuahnya terlebih dahulu. Didihkan air bersama dengan gula jawa, asam jawa, kecap manis dan bumbu halus. Setelah mendidih angkat dan saring.
  2. Ulek bahan bumbu kasar, jangan terlalu halus. Potong-potong tahu sumedang dan satukan dengan bumbu kasar.
  3. Siram dengan kuahnya. Nikmati segera.
Resep tahu gejrot khas Cirebon ini sangat simpel dan mudah kan? Cara membuat tahu gejrot khas Cirebon juga sangat singkat, kita hanya perlu mengolah bumbu-bumbu dengan cara menguleknya kasar-kasar saja, tidak perlu sampai halus. Dengan begitu, kita bisa menimatinya kapan saja sesuai keinginan. Kalian tertarik mencobanya?

Tertarik juga sama yang ini?

Resep dan Cara Membuat Risoles Isi Sayuran yang Lezat
Resep dan Cara Membuat Lemper Ayam Spesial
Resep dan Cara Membuat Cilok Bandung Plus Saus Kacang
Resep dan Cara Membuat Bakso Ikan Lengkap Dengan Kuahnya
Resep dan Cara Membuat Tekwan Spesial Khas Palembang
loading...
Resep dan Cara Membuat Tahu Gejrot Khas Cirebon Pedas Gurih
4/ 5
Oleh