Resep dan Cara Membuat Martabak Telur Mini Sederhana Kulit Lumpia

Resep Martabak Telur Mini Sederhana - Martabak telur memang lezat terutama dinikmati selagi hangat bersama dengan saus sambal atau cabe rawit. Sayangnya, harga martabak telur bisa dibilang relatif mahal serta hanya bisa didapatkan pada sore hari menjelang malam.

Untuk itu, tidak ada salahnya jika kita membuat martabak telur sendiri di rumah sehingga bisa dinikmati kapan saja selagi kita sempat membuatnya. Cara membuat martabak telur mini sederhana berikut ini layak buat dicoba lho, gampang dan praktis!
Resep Martabak Telur Mini Sederhana, Cara Membuat Martabak Telur Mini Sederhana
Cara Membuat Martabak Telur Mini Sederhana : tokomesin.com
Sebenarnya resep martabak telur mini sederhana ini tidak sulit sulit amat. Cara membuat martabak telur mini sederhana gampang untuk dipraktekkan hanya saja yang susah adalah membuat kulitnya. Jika melihat tukang martabak saat melayani pembeli sepertinya susah dan memerlukan pengalaman dan keahlian khusus. Tapi tenang, kita buat saja versi mininya agar lebih mudah.

Biar lebih praktis, sebagai bahan pengganti kulit martabak kita akan menggunakan kulit lumpia. Setelah digoreng, rasa kulit lumpia tidak jauh berbeda dengan rasa kulit martabak telur. Jadi kita bisa mendapatkan martabak telur dengan cara yang praktis, soal ukuran itu tidak masalah yang penting rasanya dapat.

Resep Martabak Telur Mini Sederhana Kulit Lumpia

Sebagai bahan isian, kita bisa menggunakan daging ayam cincang / giling biar rasanya lebih mantap. Jika tidak ada, telur ayam sama bawang bombay juga sudah cukup seperti martabak telur biasa pada umumnya. Langkah selanjutnya tinggal digoreng dan dinikmati segera selagi hangat, praktis dan lezat. Berikut bahan-bahan yang kita perlukan.

Bahan Resep Martabak Telur Mini Sederhana

  1. 250 gr daging ayam fillet, giling atau cincang halus
  2. 5 btr telur ayam
  3. 1 bh bawang bombay, iris tipis
  4. 2 btg daun bawang, iris pendek
  5. 1 sdt lada bubuk
  6. 1 sdt garam
  7. 1 sdt kaldu ayam bubuk
  8. 10 lembar kulit lumpia
  9. 2 siung bawang putih, geprek, cincang halus
  10. 1 sdm minyak margarin untuk menumis

Cara Membuat Martabak Telur Mini Sederhana

  1. Tumis bawang putih menggunakan margarin hingga harum.
  2. Masukkan daging ayam giling / cincang dan aduk aduk sampai berubah warna.
  3. Masukkan bawang bombay, masak hingga agak layu. Angkat, biarkan agak dingin.
  4. Kocok lepas telur ayam bersama dengan garam, lada bubuk, kaldu ayam dan daun bawang.
  5. Masukkan daging ayam dan bawang bombay yang telah ditumis, aduk rata.
  6. Siapkan kulit lumpia, ambil adonan isi kurang lebih satu sendok makan. Atau dikira-kira sehingga bisa pas untuk 10 buah kulit lumpia. Letakkan pada bagian tengah kulit lumpia.
  7. Lipat pinggiran kanan dan kirinya, lipat juga bagian lipatan atas bawahnya sehingga isian terbungkus dan martabak kulit lumpia membentuk kotak. Lakukan pada semua bahan isian dan kulit.
  8. Goreng martabak telur dengan api sedang hingga matang luar dalam.
  9. Sajikan hangat-hangat bersama dengan saus sambal atau cabe rawit.
Resep martabak telur mini sederhana ini gampang untuk dipraktekkan dengan bahan-bahan yang mudah didapat. Cara membuat martabak telur mini sederhana kulit lumpia ini juga sangatlah praktis, tidak menyita waktu dan bisa diperoleh dengan harga yang hemat. Versi lebih ekonomisnya lagi, kita bisa menggunakan isian berupa sayuran seperti wortel dan bawang bombay yang dicampur dengan telur ayam. Ditambah dengan cabe rawit didalamnya dijamin mantap. Selamat mencoba!
loading...
Resep dan Cara Membuat Martabak Telur Mini Sederhana Kulit Lumpia
4/ 5
Oleh