Resep dan Cara Membuat Dimsum Ayam Spesial Super Lezat

Resep Dimsum Ayam - Dimsum adalah makanan yang populer di dunia dan dikenal luas oleh berbagai kalangan. Makanan ini lebih dikenal sebagai makanan yang berasal dari Hongkong walau sebenarnya juga merupakan masakan yang populer di Cina daratan.

Di negara kita, dimsum dikenal sebagai makanan yang masih satu kerabat dengan siomay walau sebenarnya dimsum juga memiliki banyak varian. Kalian ingin tahu cara membuat dimsum ayam sederhana? Simak terus ya!
Resep Dimsum Ayam, Cara Membuat Dimsum Ayam
gambar : www.dimsumgardenphilly.com
Secara harfiah, kata dimsum berarti makanan kecil yang biasa disantap sebagai menu sarapan atau sekedar teman minum teh. Beberapa dimsum yang paling populer adalah dimsum ayam, dimsum udang dan dimsum goreng.

Bakpau, fung zau dan siomay pun termasuk kedalam jenis dimsum dengan nama spesifik sehingga nama dimsum sebetulnya adalah sebutan umum yang juga berlaku untuk berbagai jenis makan kecil.

Resep dimsum ayam termasuk gampang untuk dibuat, dan pada eksperimen kali ini kita akan mencoba membuat dimsum ayam sederhana. Cara membuat dimsum ayam cukup mudah dan tidak memerlukan banyak bahan. Proses pembuatannya pun cukup sederhana, mudah dan praktis.

Resep Dimsum Ayam Spesial

Dimsum ayam memiliki bahan dasar berupa daging ayam yang dicincang halus atau bisa juga digiling menggunakan gilingan daging. Daging yang sudah halus kemudian dicampur dengan tepung sagu dan berbagai bumbu seperti pada proses pembuatan bakso atau siomay.

Baru setelah itu adonan dimsum dikukus dengan dibungkus terlabih dahulu menggunakan kulit siomay. Berikut adalah bahan-bahan dan cara membuatnya secara lengkap.

Bahan Resep Dimsum Ayam

  1. 250 gr daging ayam fillet, cincang halus
  2. 100 gr tepung sagu
  3. 4 siung bawang putih, haluskan
  4. 2 btg daun bawang, iris halus
  5. 2 sdm minyak wijen
  6. 1 sdt lada bubuk
  7. 1 sdt garam
  8. 1 sdt gula pasir
  9. 2 btg wortel, parut
  10. 20 lbr kulit siomay
  11. 1 gelas air es

Cara Membuat Dimsum Ayam

  1. Campurkan daging ayam, tepung sagu, merica bubuk, bawang putih, garam dan gula pasir. Aduk merata menggunakan tangan.
  2. Tambahkan minyak wijen dan kecap ikan, uleni adonan kuat-kuat menggunakan tangan sambil diberi air es sedikit demi sidikit hingga kalis. Atur takaran air (jangan digunakan semua) sehingga adonan tidak terlalu padat dan menjadi sedikit lembek. Tekstur adonan kira-kira seperti adonan bakso atau siomay.
  3. Siapkan kulit siomay, ambil adonan kurang lebih satu sendok makan atau perkirakan sehingga adonan pas untuk jumlah kulit siomay yang digunakan.
  4. Beri parutan wortel diatasnya kemudian kerutkan pinggiran kulit siomay ke tengah shingga menutup adonan, sperti bunga yang menguncup.
  5. Kukus dimsum hingga matang dan hidangkan hangat-hangat.
Bagaimana, cara membuat dimsum ayam ternyata cukup mudah kan? Resep dimsum ayam sebetulnya hampir sama seperti saat kita membuat siomay, hanya saja bahan dasar yang digunakan berbeda. Proses pemasakan juga sama yaitu dengan cara dikukus sehingga lebih praktis. Selamat berkarya...!
loading...
Resep dan Cara Membuat Dimsum Ayam Spesial Super Lezat
4/ 5
Oleh