Resep dan Cara Membuat Risoles Isi Sayuran yang Lezat

Cara Membuat Risoles Isi Sayuran - Risoles merupakan salah satu goreng-gorengan yang banyak disukai karena rasanya yang lezat dan harganya juga terjangkau. Resep risoles isi sayuran ini memiliki bahan yang beraneka ragam sehingga memiliki banyak variasi yang bisa memenuhi selera banyak orang.

Namun pada umumnya risoles memiliki isian berupa sayuran karena selain enak juga untuk menekan harga jual sehingga bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau.
Resep Risoles Isi Sayuran, Cara Membuat Risoles Isi Sayuran
Resep Risoles Isi Sayuran
Resep membuat risoles kita kali ini akan menggunakan isian berupa sayuran seperti yang banyak diperjual belikan. Cara membuat risoles isi sayuran ini nampaknya sepele namun sesungguhnya melalui beberapa tahap karena harus membuat isian, membuat kulit baru kemudian menyatukannya menjadi risoles. Tapi kalian tak usah kuatir, langkah-langkahnya cukup mudah kok, juga tidak terlalu ribet.

Agar lebih cepat, pertama kita siapkan bahan isiannya terlebih dahulu. Isian ini dibuat dengan cara ditumis, masak hingga tumisan kering. Jika menyisakan air, nanti risolesnya kurang bagus.

Selanjutnya barulah kita membuat kulitnya, prosesnya hampir sama dengan membuat kulit untuk dadar gulung. Dadarlah tipis-tipis dan usahakan hingga melebar ke samping agar nanti mudah saat menggulungnya.

Resep Risoles Isi Sayuran yang Lezat

Sebagai bahan isian, kita bisa menggunakan beragam sayuran agar lebih enak. Disini kita akan menggunakan wortel, buncis dan kol ditambah dengan bihun agar isian lebih padat. Kalian juga bisa menggunakan bahan lainnya selain sayuran seperti daging ayam, udang dan lainnya, semua tergantung selera. Untuk lebih lengkapnya, berikut bahan-bahan yang kita perlukan beserta cara membuatnya.

Bahan Resep Risoles Isi Sayuran

Bahan Kulit

  1. 250 gr tepung terigu
  2. 1 btr telur ayam
  3. 2 sdm margarin, lelehkan
  4. 1/2 sdt garam
  5. air secukupnya

Bahan Isian

  1. 2 btg wortel ukuran sedang, potong kotak kecil-kecil
  2. 6 bh buncis, iris tipis menyerong
  3. 2 bh kentang, potong kotak kecil-kecil
  4. 1/4 bh kol, iris halus
  5. 1 bks bihun ukuran kecil, remukkan dan seduh dengan air panas
  6. 2 btg daun bawang, iris pendek
  7. 1 btg serai, memarkan
  8. 2 lbr daun salam
  9. 1/2 sdt lada bubuk
  10. 1/2 sdt kaldu bubuk
  11. 1 sdt gula pasir
  12. 1 sdt garam
  13. sedikit air
  14. minyak goreng untuk menumis

Bumbu Halus

  1. 4 siung bawang merah
  2. 2 siung bawng putih
  3. 2 bh cabe merah

Bahan Pencelup

  1. 2 btr telur, kocok lepas
  2. tepung panir secukupnya

Cara Membuat Risoles Isi Sayuran

  1. Siapkan isian terlebih dahulu. Tumis bumbu halus bersama dengan serai dan daun salam hingga harum.
  2. Masukkan wortel, kentang, buncis, kol dan daun bawang. Masak hingga sayuran agak layu.
  3. Tuangkan sedikit air, bubuhkan garam, gula pasir, lada bubuk dan kaldu bubuk. Masak hingga air agak menyusut.
  4. Masukkan bihun yang sudah diseduh dengan air panas, masak hingga matang dan agak mengering seperti bihun goreng. Angkat dan sisihkan.
  5. Membuat kulit. Kocok lepas telur dan satukan semua bahan kulit menjadi satu. Aduk rata. Sesuaikan tekstur adonan, tambahkan air secukupnya jika adonan terlalu kental.
  6. Panaskan pan anti lengket, beri sedikit margarin atau minyak goreng. Ambil satu sendok sayur adonan kulit, angkat pan dari kompor kemudian tuangkan adonan keatasnya. Goyangkan pan dengan sedikit memutar sehingga adonan melebar hingga ke samping pan / wajan. Letakkan kembali pan ke kompor dan masak kulit seperti membuat telur dadar. Lakukan hal yang sama untuk sisa adonan kulit.
  7. Saatnya membuat risolesnya. Ambil selembar kulit risoles, isi dengan satu sendok isian atau secukupnya terserah kalian. Yang penting isian muat pada kulit risoles dan cukup untuk semua bahan kulit.
  8. Lipat pinggiran kiri dan kanan kemudian gulungkan. Olesi dengan kocokan telur pada ujung gulungan agar bisa rapat dan melekat saat digoreng.
  9. Celupkan pada kocokan telur dan gulingkan pada tepung panir hingga terselimuti seluruhnya. Ulangi langkah-langkah ini sampai kulit dan isian habis.
  10. Goreng risoles hingga matang dan berubah warna menjadi kuning kecoklatan.
  11. Sajikan risoles hangat-hangat bersama dengan cabe rawit atau saus sambal.
Cara membuat risoles isi sayuran ini sebetulnya mudah namun memang memerlukan sedikit kesabaran. Jika sudah terbiasa, langkah demi langkah tidak akan terasa dan kita bisa melakukannya dengan santai bahkan bisa dikerjakan sambil memasak hidangan lainnya. Oh ya, resep risoles isi sayuran ini juga bisa menjadi peluang usaha lho, kalian tahu sendiri kan jika minat masyarakat kita terhadap goreng-gorengan sangat tinggi. Selamat mencoba...!

Coba juga yang ini!

Resep dan Cara Membuat Tahu Gejrot Pedas Gurih Khas Cirebon
Resep dan Cara Membuat Lemper Ayam Spesial
Resep dan Cara Membuat Cilok Bandung Plus Saus Kacang
Resep dan Cara Membuat Bakso Ikan Lengkap Dengan Kuahnya
Resep dan Cara Membuat Tekwan Spesial Khas Palembang
loading...
Resep dan Cara Membuat Risoles Isi Sayuran yang Lezat
4/ 5
Oleh