Resep Waffle Enak dan Lembut, Praktis Meski Tanpa Cetakan Khusus

Resep Waffle Enak dan Lembut - Waffle adalah salah satu makanan kelas dunia karena bisa ditemukan di seluruh belahan bumi terutama Eropa dan Amerika.

Makanan ini biasanya disajikan sebagai menu cemilan juga sebagai menu sarapan di negara-negara tertentu karena sifatnya yang cukup mengenyangkan.

Di Indonesia sendiri, waffle lebih identik sebagai menu cemilan yang biasanya tersedia di cafe-cafe dengan harga yang cukup terjangkau.
Resep Waffle Crispy, Cara Membuat Waffle Crispy
Resep Waffle Crispy Topping Es Krim
Waffe cukup mudah untuk dibuat dengan bahan-bahan yang sederhana dan mudah diperoleh di pasaran.

Cara membuat waffle crispy juga relatif mudah layaknya membuat pancake atau kue cubit yang bisa dibuat dengan cepat di sela-sela kesibukan.

Untuk membuatnya, waffle memerlukan cetakan khusus dan kita bisa mendapatkannya di pasar-pasar modern atau memesannya secara online dengan harga yang cukup terjangkau.

Cetakan waffle ada yang berupa cetakan biasa yang dipanaskan diatas kompor dan ada juga yang menggunakan listrik seperti panggangan roti.

Jika tidak memiliki cetakan khusus, waffle juga bisa dibuat dengan menggunakan wajan datar anti lengket.
Cara Membuat Waffle
Cetakan Waffle
Pada proses pembuatannya, waffle crispy memerlukan minyak goreng pada campuran adonannya.

Minyak goreng ini berfungsi sebagai pengganti margarin atau mentega yang akan mematangkan adonan dari dalam.

Sementara untuk prosesnya sendiri, pembuatan waffle crispy tidak jauh berbeda dengan pembuatan kue semprong yang merupakan kuliner asli nusantara.

Resep Waffle Enak Dan Lembut Topping Es Krim

Waffle bisa disajikan dengan bahan topping maupun isian yang cukup beragam.

Di negara-negara barat, waffle biasanya disajikan dengan sirup maple, madu, stroberi, buah ceri maupun es krim sehingga rasanya lebih legit dan lezat.

Terkadang juga waffle disajikan dengan isian coklat dengan cara menggabungkan dua bilah waffle dan ditengahnya diberi isian.

Untuk membuatnya, berikut ini bahan-bahan yang perlu kita persiapkan bersama dengan cara membuatnya.
Simak: Resep Oreo Goreng Tepung Sederhana

Bahan Bahan

  1. 250 gr tepung terigu protein sedang
  2. 75 gr tepung maizena
  3. 500 ml susu cair
  4. 75 ml minyak goreng
  5. 3 kuning telur
  6. 3 putih telur
  7. 30 gr gula halus
  8. 1 sdt baking powder
  9. 1/2 sdt baking soda
  10. 1/2 sdt garam halus

Bahan Topping

  1. es krim secukupnya
  2. susu kental manis coklat secukupnya
  3. gula halus
  4. sirup maple atau madu secukupnya

Cara Membuat Waffle Tanpa Cetakan atau Dengan Cetakan

Simak: Cara Membuat Pisang Goreng Crispy Coklat Keju
  1. Ayak tepung terigu, tepung maizena, baking powder, baking soda dan garam halus. Sisihkan. Pengayakan dimaksudkan agar semua bahan bisa menyatu dan tercampur dengan sempurna tanpa gumpalan.
  2. Berikutnya campurkan susu cair, kuning telur dan minyak goreng, aduk sampai terampur merata dan kuning telur larut kedalam susu.
  3. Tuang campuran susu dan telur kedalam campuran tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan sampai benar-benar tercampur. Sisihkan.
  4. Kocok putih telur bersama dengan gula halus hingga mengembang, campurkan kedalam adonan. Aduk perlahan hingga merata dan adonan sudah siap.
  5. Siapkan cetakan waffle, jika tidak memiliki cetakan maka kita bisa menggunakan teflon sebagai penggantinya. Olesi permukaannya dengan margarin dan panaskan cetakan / teflon diatas api sedang.
  6. Tuang adonan waffle secukupnya sesuai ukuran cetakan. Tutup cetakan / teflon dan biarkan waffle hingga matang. Kematangan ditandai dengan warna waffle yang berubah menjadi kuning kecoklatan dengan tekstur padat renyah seperti kue semprong.
  7. Lakukan langkah-langkah tersebut hingga adonan waffle habis.
  8. Sajikan waffle bersama dengan topping es krim, susu kental manis coklat serta gula halus. Siram dengan sirup maple atau madu.
loading...
Resep Waffle Enak dan Lembut, Praktis Meski Tanpa Cetakan Khusus
4/ 5
Oleh