Resep dan Cara Membuat Nugget Ayam Sederhana Lezat Spesial

Cara Membuat Nugget Ayam Sederhana - Nugget ayam yang kita buat kali ini adalah variasi dari resep sebelumnya yaitu resep nugget ikan. Bahan-bahan yang kita gunakan hampir sama, hanya saja kali ini kita menggunakan bahan baku daging ayam.

Gunakan daging ayam segar yang sudah di-fillet (tanpa tulang) agar lebih mudah mengolahnya. Jika tidak ada, gunakan daging ayam biasa dan buang bagian-bagian yang terdapat tulang.
Resep Nugget Ayam Sederhana, Cara Membuat Nugget Ayam Sederhana
Resep Nugget Ayam Sederhana
Pada dasarnya, resep nugget ayam sederhana ini sama dengan cara membuat nugget tahu dan nugget ikan. Cara membuat nugget ayam sederhana secara garis besar yaitu bahan dasar daging ayam dihaluskan kemudian dicampur dengan berbagai bumbu agar memiliki citarasa yang lezat. Setelah itu, tambahkan bahan pengikat berupa telur dan tepung sagu sehingga nugget lebih bertekstur.

Proses pematangan adonan adalah dengan cara dikukus, cara ini juga bertujuan agar adonan menjadi padat dan gampang saat menggorengnya kelak. Jika mau bentu bulat, gunakan plastik wrapper dan gulung adonan baru kemudian di kukus. Sementara untuk bentuk kotak lebih gampang, kukus adonan dalam wadah setelah matang baru dipotong-potong sesuai selera.

Resep Nugget Ayam Sederhana Spesial Lezat dan Praktis

Sebagai penambah cita rasa, kita bisa menambahkan irisan daun bawang pada adonan nugget. Nanti hasilnya menjadi lebih wangi dan lezat saat digoreng. Perhatikan pula saat menghaluskan daging ayam, gunakan tumbukan manual (lumpang) agar hasilnya lebih bagus dan bertekstur.

Jika tidak ada, kalian juga bisa menggunakan blender dengan cara diblender sebentar-sebentar asal tercacah saja karena jika terlalu lembut hasilnya malah kurang bertekstur. Ini dia bahan-bahan yang kita persiapkan.

Bahan Resep Nugget Ayam Sederhana

  1. 500 gr daging ayam, fillet
  2. 50 gr tepung sagu
  3. 200 ml susu cair
  4. 100 gr tepung roti
  5. 2 btr telur, kocok lepas
  6. 1 btg daun bawang, iris halus
  7. 4 cm jahe, haluskan
  8. 4 siung bawang putih, haluskan
  9. 1/2 sdt lada bubuk
  10. 1/4 sdt pala bubuk
  11. 1 sdt garam
  12. 1/2 sdt penyedap rasa (optional)

Cara Membuat Nugget Ayam Sederhana Spesial

  1. Tumbuk daging ayam fillet hingga lembut menggunakan lumpang, kalian juga bisa menggunakan blender namun hasilnya memang lebih baik menggunakan tumbukan manual.
  2. Tambahkan jahe dan bawang putih yang telah dihaluskan, daun bawang, separuh bagian telur kocok (sisanya buat nanti sebagai bahan pencelup), garam, penyedap rasa (jika suka), pala bubuk, lada bubuk dan susu cair. Aduk rata.
  3. Masukkan tepung sagu dan separuh bagian tepung roti, aduk rata semua bahan menggunakan tangan hingga benar-benar tercampur merata.
  4. Kukus adonan selama kurang lebih 15 menit hingga matang dan adonan menggumpal / mengeras. Setelah matang angkat, dinginkan.
  5. Potong-potong adonan nugget sesuai selera.
  6. Celupkan potongan nugget ayam kedalam kocokan telur, gulingkan kedalam tepung roti. Lakukan pada semua sisa adonan.
  7. Masukkan nugget ayam kedalam freezer selama kurang lebih 15 menit namun jangan sampai membeku. Jika tidak langsung digoreng, simpan nugget pada tempat penyimpanan daging di kulkas.
  8. Goreng nugget ayam hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan.
  9. Sajikan nugget ayam selagi hangat bersama dengan saus tomat atau saus sambal.
Bagaimana, resep nugget ayam sederhana ini sederhana bukan? Cara membuat nugget ayam sederhana sama mudahnya dengan membuat nugget ikan atau nugget tahu kan? Untuk eksperimen selanjutnya kita akan mencoba membuat nugget dengan bahan-bahan lain sehingga lebih bervariasi. Tongkrongin terus 99 Recipe ya, selamat berkreasi di dapur!

Simak juga yang berikut ini ya!

Resep dan Cara Membuat Dadar Jagung Manis Gurih Spesial
Resep dan Cara Membuat Lemper Ayam Spesial
Resep dan Cara Membuat Martabak Telur Menggunakan Kulit Lumpia
Resep dan Cara Membuat Nugget Ikan Tenggiri Spesial
Resep dan Cara Membuat Bakwan Jagung Manis Spesial Paling Praktis
loading...
Resep dan Cara Membuat Nugget Ayam Sederhana Lezat Spesial
4/ 5
Oleh