Resep dan Cara Membuat Otak-Otak Ikan Tenggiri Bakar

Resep Otak-Otak Ikan Tenggiri Bakar - Kalian suka otak-otak? Makanan yang satu ini memang lezat untuk dijadikan cemilan dan disantap selagi bersantai. Rasa otak-otak yang gurih dengan aroma khas daging ikan membuat penikmatnya selalu ketagihan lagi dan lagi.

Dan by the way, otak-otak ini sebenarnya mudah untuk dibuat lho!
Resep Otak-Otak Ikan Tenggiri Bakar, Cara Membuat Otak-Otak Ikan Tenggiri Bakar
Resep Otak-Otak Ikan Tenggiri Bakar
Pada dasarnya resep otak-otak ikan tenggiri bakar memiliki bahan yang sama meskipun penyajiannya berbeda. Cara membuat otak-otak ikan tenggiri bakar maupun otak-otak goreng sebenarnya memiliki pesamaan. Keduanya sama-sama menggunakan daging ikan yang "diikat" oleh tepung sagu sehingga memiliki tekstur yang kenyal.

Nah pada kali ini kita akan mencoba membuat otak-otak bakar yang menggunakan bahan dasar ikan tenggiri. Sebenarnya bahan ikan yang digunakan bisa diganti dengan ikan lainnya yang berdaging putih namun memang ikan tenggiri biasanya mudah didapat serta relatif murah. Selain itu, daging ikan ini memiliki cita rasa yang lezat dengan tekstur yang empuk.

Resep Otak-Otak Ikan Tenggiri Bakar Spesial

Cara membuat otak-otak ikan tenggiri bakar ini sebetulnya sangat mudah, kita hanya memerlukan beberapa langkah dalam pembuatannya. Singkatnya, daging ikan dihaluskan bersama dengan bumbu-bumbu kemudian dicampur dengan tepung sagu dan diuleni hingga merata.

Setelah itu baru deh adonan otak-otak dibungkus dengan daun pisang dan siap untuk dibakar / dipanggang. Berikut ini bahan-bahan yang kita siapkan untuk membuat otak-otak bakar ikan tenggiri.

Bahan Resep Otak-Otak Ikan Tenggiri Bakar

  1. 250 gr daging ikan tenggiri (fillet) bisa juga menggunakan ikan lainnya yang berdaging putih
  2. 125 gr tepung sagu
  3. 1 btr telur ayam
  4. 100 ml santan
  5. 4 siung bawang merah
  6. 1 siung bawang putih
  7. 1 sdt lada bubuk
  8. 1 sdt ketumbar bubuk
  9. 1 sdt garam
  10. 2 sdt gula pasir
  11. 1 btg daun bawang, iris halus

Pembungkus

  1. daun pisang secukupnya
  2. biting / staples

Bahan Saus Kacang

  1. 100 gr kacang tanah goreng, haluskan dengan cara diulek atau diblender
  2. 2 sdm gula jawa
  3. 1 sdt garam
  4. air secukupnya

Bumbu Halus untuk Saus Kacang

  1. 5 bh cabe merah keriting
  2. 5 bh cabe rawit
  3. 4 siung bawang merah
  4. 2 siung bawang putih

Cara Membuat Otak-Otak Ikan Tenggiri Bakar

  1. Mempersiapkan saus. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan kacang tanah dan aduk rata.
  2. Beri air secukupnya, tambahkan garam dan gula jawa. Masak sambil diaduk hingga gula jawa larut dan air menyusut. Angkat, sisihkan.
  3. Blender daging ikan bersama dengan bahan lainnya kecuali tepung sagu, tuang ke wadah.
  4. Tambahkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan tangan sampai tercampur merata. Jika adonan terlalu encer, tambahkan tepung sagu secukupnya. Hasil adonan nantinya tidak terlalu encer juga tidak terlalu padat seperti adonan bakso atau adonan bakwan, mudah untuk diambil menggunakan sendok.
  5. Ambil selembar daun pisang (lebarnya kira-kira seukuran 4 jari), taruh satu sendok makan adonan otak-otak ditengahnya. Gulungkan daun pisang dan semat kedua ujungnya menggunakan biting atau bisa juga menggunakan staples biar praktis. Lakukan hal serupa pada seluruh adonan otak-otak.
  6. Panggang otak-otak diatas bara api sampai matang. Cirinya adalah keluar bau harum dan daun pisang mengering.
  7. Sajikan selagi hangat bersama dengan saus kacangnya.
Bagaimana, cara membuat otak-otak ikan tenggiri bakar cukup mudah kan? Bagian paling lama justru pada saat membungkusnya, apalagi jika kita membuatnya dalam jumlah banyak. Lumayan pegel juga tuh saat bungkusinnya, tapi saat menyantapnya jangan ditanya. Itu membutuhkan waktu yang sangat singkat, hehe. Semoga resep otak-otak ikan tenggiri bakar ini bisa bermanfaat ya!
loading...
Resep dan Cara Membuat Otak-Otak Ikan Tenggiri Bakar
4/ 5
Oleh