Resep dan Cara Membuat Dadar Jagung Enak Spesial

Resep Dadar Jagung Enak - Dadar jagung hampir sama dengan bakwan jagung dan memang secara bentuk dan penampakannya tidak berbeda. Terkadang orang menganggap bahwa bakwan jagung dan dadar jagung adalah dua makanan yang sama hanya beda penyebutannya saja.

Padahal, kedua makanan tersebut sebetulnya berbeda. Walaupun sama secara penampilan namun komposisi bahan-bahan yang digunakan ternyata berbeda.
Resep Dadar Jagung Enak, Cara Membuat Dadar Jagung
Resep Dadar Jagung, www.seasaltwithfood.com
Cara membuat dadar jagung sedikit berbeda dari bakwan jagung, rasanya juga memang sedikit berbeda terutama jika keduanya dicicipi langsung secara bersamaan. Walau beda bahan, cara membuat dadar jagung dan bakwan jagung sebetulnya tidak jauh berbeda. Keduanya memang serupa tapi ternyata tidak sama.

Dadar jagung memiliki tekstur yang lebih empuk dan lebih gurih karena lebih dominan telur daripada tepung. Penggunaan tepung hanya sebagai pengikat saja serta memberikan tekstur sehingga tak heran jika rasa dadar jagung tidak jauh berbeda dengan telur dadar. Sementara bakwan jagung lebih dominan tepung, dan telur digunakan sebagai penambah cita rasa.

Resep Dadar Jagung Enak, Manis Gurih Spesial

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, disini kita menggunakan sedikit tepung terigu karena memang hanya sekedar pengikat dan memberikan tekstur. Sementara fillernya sendiri adalah telur, dengan begitu rasanya menjadi lebih gurih dan lebih empuk.

Jika suka pedas, kalian bisa menambahkan irisan cabe rawit pada adonan atau diulek bersama bumbu halus. Disini kita hanya menggunakan cabe merah guna menambah cita rasa namun tidak terlalu pedas. Berikut bahan-bahan lengkapnya beserta cara pembuatan secara lengkap.

Bahan Resep Dadar Jagung Enak

  1. 4 bh jagung manis
  2. 2 btr telur ayam
  3. 2 sdm tepung terigu
  4. 2 btg daun bawang, iris pendek
  5. 4 btg seledri, iris halus
  6. 2 bh cabe merah, iris pendek
  7. 1/4 sdt lada bubuk
  8. 1/2 sdt gula pasir
  9. 1 sdt garam
  10. minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus

  1. 4 siung bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 1 bh cabe merah keriting
  4. 1 sdt ketumbar
  5. 1 cm kencur
  6. 1 cm jahe

Cara Membuat Dadar Jagung Manis Spesial

  1. Serut jagung menggunakan pisau kemudian haluskan. Tidak usah sampai terlalu halus biar nantinya dadar jagung menjadi bertekstur.
  2. Kocok lepas telur bersama dengan bumbu halus, lada bubuk, gula pasir dan garam. Kocok kuat-kuat agar bumbu dapat tercampur merata.
  3. Masukkan jagung, tepung terigu, daun bawang, daun seledri dan cabe merah. Aduk rata. Jika adonan terlalu kental, tambahkan air secukupnya.
  4. Panaskan minyak, ambil satu sendok adonan dan letakkan di pinggir penggorengan sambil dipipihkan. Buat beberapa hingga tepian wajan penuh.
  5. Sirami dengan minyak sampai terlepas dari wajan. Goreng hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan.
  6. Angkat dan sajikan selagi hangat bersama dengan cabe rawit atau saus sambal.
Resep dadar jagung enak ini bisa kita variasikan agar didapat rasa yang lebih kaya dan menggugah selera. Kita bisa menambahkan irisan jamur atau parutan wortel sehingga lebih lezat. Cara membuat dadar jagung masih sama hanya sedikit divariasikan dalam hal bahan-bahan penyusunnya. Selamat bereksperimen di dapur yaa...!
loading...
Resep dan Cara Membuat Dadar Jagung Enak Spesial
4/ 5
Oleh